Kebotakan menjadi masalah yang paling menyebalkan dan sulit untuk disembuhkan. Tapi tahukah Anda bahwa kekesalan dan rasa stress juga memicu kebotakan lebih parah lagi. Oleh karena itu, biarkan pikiran tenang dan cari solusi terbaik untuk menyembuhkan kebotakan yang menjengkelkan itu. Mari kita kenali beberapa penyebab kebotakan dini, agar Anda dapat terhindar dari masalah yang menjengkelkan ini.

Selain karena penyakit yang serius, bekas operasi dan kemoterapi, ada beberapa hal yang menyebabkan kebotakan dini pada anak muda. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pola makan yang buruk
  2. Perawatan rambut yang terlalu berlebihan
  3. Perubahan hidup atau trauma
  4. Gangguan hormon
  5. Karena penyakit dan pengobatan
  6. Keturunan
Kenali penyebab kebotakan dini yang pertama, yaitu pola makan yang buruk. Terkadang cara makan kita di luar kontrol. Memakan semua makanan yang tampak lezat padahal belum tentu mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seringkali dilakukan oleh kita tanpa disadari.

Kaum wanita sering melakukan diet makanan sendiri tanpa menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Hal ini juga bisa menyebabkan kekurangan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Rambut yang sehat memerlukan keseimbangan makanan dan jika kekurangan zat besi juga protein (kebanyakan berasal dari telur, daging merah, ikan dan sayuran hijau) maka rambut akan mulai menunjukkan efek sampingnya.

Selain karena kekurangan nutrisi, kenali penyebab kebotakan dini berikutnya, yaitu penggunaan peralatan kecantikan rambut yang berlebihan. Panas yang ditimbulkan dari peralatan listrik tersebut memberi dampak buruk bagi rambut. Rambut menjadi kering atau rontok. Jika dilakukan tanpa kendali dan secara terus menerus maka kebotakan dini akan terjadi.

Faktor mental juga menjadi ciri untuk kita kenali penyebab kebotakan dini lainnya. Terlalu banyak pikiran dan stress akan membuat rontok dengan sendirinya. Sembuhkan diri sendiri dari dalam, lakukan meditasi dan carilah ketenangan jiwa, maka problem kebotakan akan teratasi dengan mudah.

Penyebab kebotakan dini lainnya adalah gangguan hormon. Gangguan hormon ini disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid yang ada di tenggorokan kita. Hormon ini mengatur produksi hormon yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan rambut.

Penyebab kebotakan dini yang terakhir adalah karena faktor keturunan. Tidak ada yang bisa dilakukan jika sudah menyangkut hal ini. Tetapi, untuk mengatasinya masih bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Bagaimanapun asupan nutrisi yang baik tentu akan berpengaruh baik bagi tubuh kita.

Posting Komentar