Rambut adalah mahkota bagi kaum wanita dan tidak dipungkiri lagi rambut rontok bisa menyebabkan stress dan kekhawatian bagi kebanyakan kaum wanita. Banyak yang mencoba mengobati kerontokan rambut dari mulai menggunakan obat – obatan rambut yang dijual bebas dipasaran sampai melakukan perawatan di dokter.

Sebenarnya kerontokan rambut dapat dicegah dengan rajin mengkonsumsi makanan – makanan tertentu seperti dibawah ini :

1. Protein Tinggi
Rambut juga terbentuk dari protein, sehingga mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti ikan, kacang-kacangan dan telur akan sangat baik untuk kesehatan rambut. Makanan seperti almond, yogurt dan susu kedelai juga bagus untuk kesehatan rambut karena  memiliki protein tinggi dan rendah lemak jahat.

2. Zat Besi
Mungkin belum banyak yang tahu sebelumnya bahwa zat besi juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Besi membantu dalam pembentukan hemoglobin, dan hemoglobin mendistribusikan oksigen ke organ tubuh, jaringan dan sebagainya. Sebuah distribusi sehat oksigen dalam tubuh, juga berarti aliran darah yang sehat yang akan merangsang pertumbuhan rambut. Makanan yang tinggi zat besi ada dalam beberapa buah-buahan kering seperti kismis dan kurma. Sumber lain zat besi adalah sayuran berdaun gelap dan sereal gandum. Agar tubuh dapat menyerap zat besi lebih cepat, sebaiknya juga ditambahkan dengan mengkonsumsi buah – buahan  yang memiliki vitamin C,seperti strawberry, jeruk dan juga lemon, yang dapat membantu penyerapan zat besi.

3. Zinc
Tahukan anda bahwa zinc atau seng juga memainkan peran kunci dalam kelenjar yang melekat pada folikel rambut?  Bila kadar zinc didalam tubuh rendah, maka  folikel rambut pun akan menjadi lemah dan hal ini dapat menyebabkan rambut putus atau rontok. Makanan yang kaya zinc seperti makanan laut, kerang, udang dan tiram. Daging merah dan unggas juga dapat menjadi sumber dari zinc. Namun perlu juga diingat bahwa kadar zinc yang berlebihan dalam sistem tubuh juga dapat menyebabkan rambut rontok, jadi cobalah untuk makan makanan yang tinggi zinc secara seimbang.
Makanan – makanan yang disebutkan diatas hanyalah beberapa contoh makanan sehat yang  yang dapat dikonsumsi untuk membantu mencegah kerontokan rambut. Perlu diingat juga, bahwa melakukan diet seimbang selain membuat tubuh sehat¸juga berguna untuk kesehatan rambut.

Posting Komentar